Pulau merah Banyuwangi, pantai primadona wisatawan

Sebagai kabupaten yang memiliki garis pantai sepanjang 175km, Banyuwangi memiliki banyak sekali destinasi wisata pantai. Ditambah lagi besarnya dukungan dari pemerintah kabupaten yang membuat Banyuwangi semakin berkembang aspek wisatanya.  Salah satunya adalah pantai pulau merah Banyuwangi yang kini banyak di minati oleh wisatawan baik wisatawan internasional maupun wisatawan domestik.

Pantai Pulau MerahAgar dapat mencapai pantai ini, harus ditempuh dengan perjalanan sekitar 60km dari pusat kota Banyuwangi. Dari pusat kota Banyuwangi, menggunakan kendaraan ke arah selatan yang menuju Srono yang dilanjutkan menuju arah silir dan berakhir di Pulau merah. Untuk akses jalan rayanya sendiri saat ini sudah cukup mudah meskipun natinya akan melalui jalan-jalan desa.  Sebelum mencapai lokasi pantai, suguhan panorama sawah dan deretan bukit yang oleh masyarakat Banyuwangi di kenal dengan gunung tumpang pitu akan menemani perjalanan.

Gunung tumpang pitu ini adalah gunung yang terkenal dengan kandungan logam mulianya. Nama tumpang pitu sendiri jika diartikan ke bahasa Indonesia berarti bertumpuk 7. Hal ini karena jika dilihat sekilas, bukit ini memiliki 7 puncak.

Harga tiket masuk ke pantai ini tergolong tidak terlalu mahal, hanya berkisar  8.000 perorang dan untuk parkir cukup dengan membayar 5.000 untuk mobil dan 2.000 untuk motor. Selain itu, dipantai pulau merah Banyuwangi juga disediakan home stay bagi wisatawan yang ingin menginap dengan kisaran harga 100.000 per malamnya.

Beberapa orang mengatakan bahwa pantai pulau merah Banyuwangi adalah duplikasi dari pantai kuta yang ada di Bali. Pantai yang berada di wilayah kecamatan Pesanggaran ini menjadi  salah satu wisata pantai di banyuwangi yang wajib kamu kunjungi, Pulau merah memiliki berbagai pesona yang siap membuat liburan kamu menjadi menyenangkan dan berkesan. Dan berikut ini adalah 4 hal yang menarik dari pantai pulau merah Banyuwangi

4 Hal yang menarik dari pulau merah Banyuwangi

  1. Bukit berpasir merahNama pulau merah sendiri di ambil karena di pantai ini terdapat sebuah pulau atau bukit yang terletak tidak jauh dari garis pantai. Jika di dekati, tanah atau pasir yang ada di bukit tersebut tampak berwarna merah, namun warna merah tersebut tidak akan nampak jika kita melihat dari kejauhan karena banyaknya tanaman hijau di bukit tersebut. Bukit tersebut lah yang akhirnya membuat pantai tersebut di kenal dengan pantai Pulau merah Banyuwangi.Bagi yang ingin menuju bukit tersebut, wisatawan harus menunggu air laut surut. Hal ini di sebabkan karena memang lokasi bukti tersebut yang agak ketengah dari garis tepi pantai.
  2. Menikmati sunset di tepai pantaiPantai pulau merah Banyuwangi ini juga memiliki pemandangan sunset yang begitu indah saat petang menjelang. Pesona langit dengan warna merah keemasan akan terlihat jelas saat petang menjelang. Hal inilah yang menambah pesona dari pantai ini sehingga banyak sekali para wisatawan yang ingin menghabiskan waktu bersama keluarga, sahabat maupun rekan kerja sembari menikmati indahnya sunset pantai ini.Selain itu, di pantai ini juga disediakan tempat duduk seperti ranjang yang dilengkapi payung yang bisa anda sewa untuk bersantai menikmati keindahan pantai ini.
  3. Ombak yang diminati peselancarOmbak yang ada di pantai pulau merah Banyuwangi ini termasuk yang banyak diminati oleh para peselancar baik peselancar lokal maupun internasional. Dengan ketinggian ombak yang sangat ideal di gunakan untuk selancar, banyak sekali para wisatawan yang ingin mencobanya.Hal ini terbukti dengan beberapa kali diadakannya event surfing tinkat internasional oleh pemerintah daerah Banyuwangi di pantai ini dan pesertanyapun bisa di bilang tidak sedikit yang terdiri baik dari peselancar nasional maupun internasional.Namun, bagi para wisatawan yang ingi berenang di pantai ini, di himbau untuk berhati-hati terlebih bagi wisatawan yang kurang mahir dalam berenang. Hal ini disebabkan oleh besarnya ombak yang dimiliki pantai ini.
  4. Wisata kulinerAnda tidak perlu khawatir saat berkunjung ke pantai pulau merah ini, tiba-tiba anda merasa lapar. Karena di pantai ini sudah tersedia keda-kedai makanan yang bisa kamu pilih sesuai selera.Tersedia juga berbagai minuman segar seperti es kelapa muda yang bisa anda nikmati sembari bersantai di tepi pantai sambil menikmati keindahan pantai.

Itulah sedikit informasi tentang pantai pulau merah Banyuwangi yang menjadi primadona para wisatawan yang datang kepantai ini. Jadi tunggu apa lagi, segera rencanakan liburan anda ke Banyuwangi dan bersantai menikmati kekayaan alam Banyuwangi

No Responses to “Pulau merah Banyuwangi, pantai primadona wisatawan”

Leave a Reply