Destinasi Wisata Malang terfavorit 2020

Malang merupakan salah satu kota yang berada di wilayah provinsi jawa timur. Kota Malang merupakan kota terbesar kedua di Jawa Timur setelah Surabaya dan sekaligus menjadi kota terbesar ke-12 di seluruh Indonesia. Lokasinya yang berada di kawasan dataran tinggi, membuat kota ini memiliki banyak sekali destinasi wisata yang patut untuk di kunjungi. Apa saja wisata Malang terfavorit tahun ini?

Kota malang dengan luas 145,28 km2 juga di sebut sebagai kota pendidikan. Hal ini terbukti dengan adanya beberapa perguruan tinggi terbaik di kota tersebut. Tidak sedikit pula pelajar dari daerah lain yang menimbah ilmu di kota malang ini.

Sebagai kota yang berada di wilayah dataran tinggi, menjadikan wisata malang di dominasi dengan banyak destinasi wisata berupa pegunungan. Mulai dari wisata ir terjuan, perbukitan dan juga agrowisata. Namun begitu, Malang juga memiliki wisata pantai yang tidak kalah indahnya yang akan siap menyihir para wisatawan yang berkunjung ke kota ini.

Bukan hanya itu, destinasi wisata malang yang bernilai sejarah pun banyak ada di kota ini. Mulai dari candi, monumen dan museum yang menyimpan segudang nilai-nilai sejarah tentang kota Malang.

Dan berikut ini adalah wisata Malang terfavorit yang akan membuat liburan kita berkesan dan menyenangkan.

Wisata Malang paling favorit

  1. Pantai 3 warnaWisata malang
    Pantai 3 warna merupakan salah satu wisata malang yang memiliki keunikan tersendiri. Nama 3 warna sendiri berasal dari kondisi pantai nya yang memang memiliki 3 warna, yaitu merah, hijau dan biru dimana warna merah itu sendiri berasal dari sinar matahari yang mampu menembus air laut hingga kedalaman 20 meter. Sedangkan untuk warna hijau di sebabkan oleh endapan lumpar yang bercampur dengan plangton yang jumlahnya banyak. Dan untuk warna biru merupakan warna air laut yang menunjukkan betapa dalamnya laut di sana.Keunikan lain dari wisata malang ini adalah bahwa di tempat ini pengjung di batasi maksimal 10 orang untuk tiap rombongan ditambah dengan 1 guide tour. Hal ini bertujuan untuk menjaga keindahan dan keasrian pantai agar tetap baik. Pengunjung juga dilarang keras membuang sampah sembarangan di tempat ini. Hal tersebut terbukti dengan adanya aturan denda sebesar 100.000 bagi pengunjung yang kedapatan membuang sampah secara sembarangan.Pantai 3 warna terletak di jalan Sendang Biru, Tambakrejo Kecamatan Sumbermanjing Wetan – Malang, Provinsi Jawa Timur. Bagi calon traveler yang ingin menikmati keindahan pantai ini harus melakukan reservasi terlebih dahulu kepada pengelola. Untuk tarif masuk ke pantai ini sebesar 5.000 rupiah / orang.
  2. Air terjun Coban RondoWIsata malang coban rondo
    Air terjun Coban rondo berada di Desa Pandesari Kecamatan Pujon Kota Batu – Malang. Coban rondo merupakan salah satu destinasi wisata malang berupa air terjun yang memiliki ketinggian mencapai 84 meter. Berada di ketinggian 1.135 meter diatas permukaan laut, membuat tempat ini memiliki udara segar dan sejuk serta pemandangan alam yang indah.Untuk menuju lokasi wisata malang ini tidak terlalu sulit. Lokasinya berjarak kurang lebih 20 km dari pusat kota Malang dan jika di tempuh dengan kendaraan akan memakan waktu kurang lebih 60 menit perjalanan. Sedangkan jika di tempuh dari kota Batu, hanya membutuhkan waktu tempuh sekitar 30 menit karena jaraknya dari kota batu hanya sekitar 12 km.Selain memiliki keindahan alam yang eksotis, pengunjung wisata Malang ini bisa melakukan berbagai aktifitas seperti wahana air, paint ball dan juga wahana satwa dan perkebunan.
  3. Goa Pinus
    Destinasi wisata malang berikutnya adalah Goa Pinus dimana dulunya tempat ini merupakan lokasi penambangan pasir yang kini di sulap menjadi salah satu objek wisata yang sedang viral di berbagai media sosial. Berlokasi di Pujon, Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji – Batu – JATIM.Ketika masuk wisata malang ini, pengunjung akan langsung di sambut oleh beberapa cabang-cabang pohon yang sudah mengering yang di bentuk menjadi bingkai sebagai pintu masuk lokasi wisata. Tidak hanya itu, kita akan sering menemui beberapa rumah joglo yang biasanya di gunakan untuk beristirahat sepanjang perjalanan menuju goa.Begitu sampai di Goa, pengunjung akan dibuat kagum dengan pemandangan alam yang di miliki oleh wisata malan satu ini yang berupa sebuah goa yang menjorok ke dalam tanah sedalam 5 meter dengan ketinggian kurang lebih 1,5 meter. Pengunjung dapat melihat ornamen-ornamen yang menghiasi mulut goa yang terkesan seram, namun tidak menakutkan.Selain itu, terdapat pula beberapa bangunan rumah papua yang merupakan tiruan dari rumah Hanoi yang ada di Papua, hanya saja ukurannya lebih kecil di bandingkan dengan aslinya. Untuk tarif masuk ke lokasi wisata malang ini, para pengunjung hanya perlu membayar sebsar 5.000 rupiah untuk 1 orang.
  4. Candi Badut
    Candi Badut di perkirakan sudah berusia 1400 tahun dan merupakan salah satu destinasi wisata Malang yang memiliki nilai sejarah yang merupakan warisan budaya Indonesia. Lokasinya berada di Desa Karang Besuki, Karang Widoro, Kecamatan Dau. Candi ini adalah salah satu penginggalan kerjaan Hindu pada masa kerajaan kanjuruhan.Destinasi wisata Malang ini berada di sebelah timur Gunung Arjuna, sebelah selatan dari pegunungan Tengger, sebelah barat dari gunung Semeru, dan sebelah utara dari gunung Kawi. Candi ini memiliki arsitektur serta struktur yang terdiri dari atap, tubuh dan kaki. Selain itu, pada bagian depan candi terdapat undakan yang berfungsi untuk akses menuju bilik yang ada di dalam candi.
  5. Museum Angkut
    Tentunya kita sudah punya bayangan tentang destinasi wisata malang ini melalui namanya. Disini pengunjung akan menjumpai banyak alat transportasi berbagai jenis mulai dari motor antik, mobil antik bahkan roket. Dikalangan traveler, destinasi wisata Malang satu ini sedang di gandrungi, terlebih oleh wisatawan dalam negeri.Di Asia tenggara, museum angkut ini merupakan yang terbesar dengan luas wilayah mencapai  3,8 hektar dengan jumlah koleksi museum sebanyak lebih dari 300 kendaraan mulai dari berbagai zaman dan negara yang ada di seluruh dunia.Untuk lokasi museum sendiri berada di Jalan Terusan Sultan Agung No. 2 Kecamatan Batu Kota Batu. Untuk jam buka, museum angkut buka mulai jam 12.00 – 20.00 malam dan untuk harga tiket masuk ke museum, pengunjung hanya perlu mengeluarkan dana sebesar 60.000 pada hari biasa dan 80.000 untuk hari libur atau akhir pekan.
  6. Coban Pelangi
    Karena letaknya yang tak jauh dari Gunung Semeru dan masih masuk ke dalam wilayan Taman Nasional Gunung Bromo, membuat wisata Malang ini sejuk dan segar. Terlebih karena air terjun ini jarang di jamah oleh manusia, makin menambah keasriannya.Air terjun Coban pelangi menyajikan sebuah pemandangan yang begitu indah dan eksotis. Air terjun yang memiliki kemiringan sekitar 45 derajat ini akan makin terlihat indah jika kita berkunjung pada antara pukul 10.00 sampai 14.00. Hal ini di karenakan pada waktu tersebut, Matahari ada pada posisi meninggi sehingga sinar matahari akan langsung mengenai percikan air dari air terjun Coban pelangi yang akan menghasilnya warna pelangi yang indah akibat proses pembiasan.Air terjun coban Pelangi  berada di Desa Gubukklakah Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang. Untuk akses menuju wisata Malang ini terbilang cukup menantan kaena medan yang akan di lalui merupakan medan berbatu yang banyak di tumbuhi lumut yang menyebabkan batu-batu tersebut menjadi licin.

Itu lah 6 destinasi wisata Malang yang bisa kita kunjungi. Selain destinasi wisata yang sudah di bahas di atas, kota Malang masih menyimpan banyak sekali destinasi wisata-wisata menarik dan tentunya sangat indah dan unik. Dan Alawy Tour & Travel akan mencoba mengulasnya di lain waktu.

Leave a Reply