7 Tips agar liburan aman dan nyaman ketika musim hujan tiba

Musim liburan sekolah sebentar lagi akan tiba yang seperti nya akan di barengi datangnya musim penghujan. Namun demikian, hujan tidak menjadi penghalang bagi anda yang ingin berlibur ke suatu tempat. Anda cukup memperhatikan beberapa faktor agar liburan anda menjadi liburan aman dan nyaman saat musim hujan.

Banyak dari kita tiba-tiba membatalkan rencana liburan karena faktor cuaca, salah satunya saat tibanya musim penghujan. Ada banyak pertimbangan terkait keputusan pembatalan tersebut, beberapa diantaranya adalah faktor keselamatan dan kenyamanan saat berlibur.

Namun demikian, pembatalan tersebut tentu akan menimbulkan kekecawaan di hati. Alasannya adalah rencana liburan yang menyenangkan harus dibatalkan karena faktor cuaca. Nah, berikut ini adalah tips agar rencana liburan anda tetap berjalan dan menjadi liburan aman dan nyaman saat musim hujan.

7 tips liburan aman dan nyaman saat hujan

  1. Selalu pantau cuaca serta kondisi destinasi wisata
    Tips liburan aman dan nyamanAgar liburan aman dan nyaman, usahakan selalu pantau kondisi destinasi wisata yang akan di kunjungi. Bukan hanya tentang prakiraan cuaca, tetapi juga potensi-potensi bahaya yang bisa saja terjadi ketika musim hujan di lokasi wisata.Contohnya ketika anda akan melakukan perjalanan liburan ke suatu object wisata, hindari lokasi-lokasi yang rawan terjadi longsor ketika musim hujan tiba seperti pegunungan yang memiliki tepian jurang. Selain itu, perhatikan juga kondisi angin jika anda akan melakukan perjalanan wisata yang harus ditempuh dengan cara perjalanan laut maupun udara. karena biasanya ketika musim hujan tiba, sering kali di sertai dengan angin yang kencang.

    Jika anda berwisata ke pantai, usahakan untuk tidak mandai di pantai jika kondisi angin sedang kencang karena biasanya dengan kondisi angin seperti itu, akan menimbulkan ombak yang lumayan besar.

  2. Pilih destinasi wisata yang sesuai dengan kondisi
    7 Tips wisata aman dan nyamanUsahakan cari destinasi wisata indor. Hal ini bertujuan agar liburan aman dan nyaman bisa anda dapatkan. Beberapa contoh wisata indor yang bisa anda kunjungi antara lain seperti museum, galery, taman bermain dalam ruangan, wisata kuliner ataupun lokasi-lokasi belanja.Anda juga bisa hanya sekedar keliling-keliling kota karena biasanya lokasi wisata indor banyak tersedia di tengah kota.Namun demikian, bukan berarti anda tidak dapat berlibur ke lokasi wisata outdor. Anda bisa saja mengunjungi lokasi wisata outdor seperti perkebunan, taman bunga, agro wisata dan sejenisnya. Karena biasanya ketika musim hujan tiba, lokasi-lokasi tersebut akan tampak lebih hijau, indah dan menyenangkan yang sayang sekali jika harus di lewatkan. Namun juga perlu di ingat, saat mengunjungi tempat-tempat tersebut harus extra hati-hati karena biasanya banyak lokasi yang sedikit agak licin.
  3. Bawa perlengkapan untuk antisipasi hujan saat liburan
    Agar menjadi liburan aman dan nyaman saat musim hujan, jangan lupa untuk membawa perlengkapan ekstra untuk antisipasi.  Bawalah payung ataupun jas hujan agar anda tidak basah terkena air hujan. Jangan lupa juga untuk membawa plastik yang berfungsi untuk mengamankan beberapa barang bawaan anda yang memang harus terhindar dari air.Bawa juga sandal jepit karena biasanya jika anda berkunjung ke lokasi wisata outdor, beberapa titik di lokasi wisata yang anda kunjungi akan menjadi licin setelah di guyur hujan. Hal ini juga berguna agar sepatu kesayangan anda tidak kotor terkena cipratan lumpur. Jika perlu, gunakanlah sepatu yang tahan air tetapi tidak ribet juga saat digunakan.

    Jangan lupa pula untuk membawa waterproof case untuk ponsel maupun camera yang anda bawa. Jangan sampai gadget kesayangan anda harus rusak terkena air gara-gara anda lupa membawa pelindung anti air.Untuk pakaian, bawalah serta pakaian hangat untuk mengatasi udara yang dingin, apa lagi jika lokasi liburan anda berada di daerah dataran tinggi, biasanya setelah hujan udara akan terasa dingin. Terlebih ketika malam hari.

  4. Selalu jaga kondisi tubuh
    Salah satu faktor yang benar-bernar perlu di perhatikan adalah kondisi tubuh. Biasanya, musim hujan tiba daya tahan tubuh akan menurun karena perubahan suhu yang tidak menentu. Jika kondisi anda drop ketika melakukan perjalanan traveling, keinginan untuk mendapatkan liburan aman dan nyaman tentunya akan sirna.Oleh sebab itu, usahakan makan tepat waktu dan bawalah multivitamin jika diperlukan. Pilih makanan yang kaya akan gizi dan jangan lupa untuk mengkonsumsi vitamin C, dan hindarilah jajan di sembarang tempat.

    Jika anda juga melakukan olah raga disela-sela melakukan perjalanan wisata, usahakan lakukan olah raga ringan saja dan jangan sampai terlalu kelelahan. Hindari pula kegiatan yang bisa menyebabkan kondisi tubuh anda menurun seperti kehujanan atau terlalu lama berendam di wahana air. Usahakan untuk memperbanyak minum air putih agar kondisi badan selalu fit.

  5. Persiapkan kebutuhan P3K dan obat-obatan
    Bawalah selalu perlengkapan P3K seperti obat flue ringan, obat masuk angin, minyak kayu putih ataupun perlengkapan P3K lainnya. Bawa pula vitamin untuk menjaga kondisi tubuh agar ketika traveling, tubuh tetap bugar dan fit sehingga anda tetap bisa menikmati liburan aman dan nyaman saat musim hujan.Penggunaan jasa asuransi mungkin juga bisa jadi pertimbangan untuk menghindari resiko-resiko maupun biaya yang tidak terduga sebelumnya.
  6. Pilih kuliner hangat
    Hindari mengkonsumsi makanan-makanan dingin seperti es cream atau sejenisnya. Pilihlah kuliner-kuliner sehat yang dapat menghangatkan tubuh anda. Utamakan kuliner yang berkuah seperti rawon, sop maupun soto yang bisa menjadi hidangan lezat saat perjalanan traveling anda.Untuk minuman, usahakan untuk memilih minuman yang juga bisa menghangatkan tubuh seperti wedang jahe ataupun jeruk hangat yang selain bisa menghangatkan tubuh, juka dapat membantu menjaga stamina.

    Jika anda adalah type orang yang suka ngemil, carilah cemilan atau makanan ringat yang tidak terlalu mengandung minyak seperti roti, kue basah atapun kue kering. Akan lebih bagus jika memungkinkan, bawalah buah-buahan yang tidak terlalu masam seperti apel, melon, semangka sebagai camilan anda selama perjalanan, namun jangan juga terlalu berlebihan dalam mengkonsumsinya.

  7. Persiapkan dana ekstra
    Tips agar liburan aman dan nyaman saat musim hujan yang terakhir adalah siapkan dana esktra. Biasanya, ketika kita liburan saat musim hujan tiba, ada saja kebutuhan dadakan yang kita perlukan. Misalnya, destinasi wisata yang akan kita kunjungi sebelumnya bisa di tempuh menggunakan kendaraan pribadi, namun ketika musim hujan tiba, destinasi tersebut harus di tempuh menggunakan kendaraan khusus.Hal tersebut tentunya membuat kita mau tidak mau harus menyewa kendaraan lain agar kita bisa sampai ke lokasi tujuan wisata. Tentunya kita tidak mau bukan harus bingung mencari ATM, sedangkan lokasi tujuan wisata kita berada jauh dari perkotaan. Oleh sebab itu, bawalah selalu uang cast ekstra.

Itulah 7 tips liburan aman dan nyaman saat musim hujan tiba. Semoga bisa menjadi bekal anda untuk merencanakan liburan tanpa harus khawatir dengan faktor cuaca dan jangan takut untuk liburan ketika musim hujan selama anda memperhatikan faktor-faktor yang sudah di sebutkan tersebut.

No Responses to “7 Tips agar liburan aman dan nyaman ketika musim hujan tiba”

Leave a Reply