5 Wisata pantai di Banyuwangi yang wajib dikunjungi

Banyuwangi sebagai kabupaten paling timur di pulau jawa ini, kini terus menjelma sebagai surganya destinasi wisata. Karena itulah, Banyuwangi memiliki garis pantai sepanjang 175km, menjadikan Banyuwangi sebagai surganya wisata pantai yang eksotis dan menakjubkan. Ada banyak destinasi wisata pantai di Banyuwangi yang bisa anda kunjungi.

Kita semua tahu, pantai adalah salah satu destinasi wisata favorit untuk semua kalangan dan sangat cocok di kunjungi bersama keluarga, sahabat maupun rekan bisnis.  Berwisata di pantai juga dapat memberikan sensasi liburan yang berbeda dan menyenangkan, serta tentunya akan menghemat biaya liburan anda.

Bagi anda yang ingin berlibur ke Banyuwangi, tidak perlu bingung mencari informasi destinasi wisata pantai di Banyuwangi karena pada artikel ini akan di ulas secara singkat 5 destinasi wisata pantai di Banyuwangi yang patut anda kunjungi.

5 Destinasi wisata pantai di Banyuwangi

  1. Pantai Pulau Merah
    Pantai Pulau Merah
    Pantai pulau merah atau dikenal juga dengan sebutan Red Island terletak di kecamatan Pesanggaran – Banyuwangi. Nama pulau merah sendiri di ambil dari bukit kecil yang terletak di bibir pantai yang memiliki tanah berwarna merah. Namun, mungkin karena bukit tersebut tertutup oleh tumbuhan, maka warna merah pada tanah di bikut tersebut tidak nampak jelas jika di lihat dari kejauhan.Bagi para pengunjung yang ingin berkunjung lebih dekat ke bukit ini, dapat mengaksesnya hanya ketika air laut surut karena memang posisinya tepat berada sedikit keluar bibir pantai.Pantai ini berpasir putih yang terbentang sepanjang 3km sehingga sangat cocok jika di kunjungi bersama keluarga, sahabat maupun rekan bisnis.

    Saat senja datang, para pengunjung dapat menikmati indahnya susana matahari terbenam yang membuat langit di pantai ini menjadi berwarna merah keemasan. Pantai ini juga memiliki ombak yang cukup tinggi yang sangat cocok untuk kegiatan surfing. Terbukti, pemerintah kabupaten Banyuwangi pernah beberapa kali mengadakan Surfing Competition di pantai ini. Itulah mengapa Pantai Pulau merah menjadi salah satu destinasi wisata pantai di Banyuwangi yang patut di kunjungi.

    Namun perlu di perhatikan, karena tingginya gelombang di pantai ini, sangat tidak di anjurkan untuk melakukan atifitas berenang, terutama untuk anak.

  2. Pantai wedi ireng
    Wedi Ireng
    Karena keberadaannya yang masih alami dengan pemandangan yang cukup indah serta serunya perjalanan menuju ke lokasi, menjadikan pantai wedi ireng sebagai salah satu destinasi wisata pantai di Banyuwangi yang wajib di kunjungi.Nama Wedi Ireng atau dalam bahasa Indonesianya bisa di artikan pasir hitam, diambil dari kondisi pasir pantai tersebut. Dimana pasir pantai wedi wering berwarna putih, namun ketika ada ombak yang menyapu pasir akan nampak guratan pasir berwarna hitam.Selain itu, pantai ini menyajikan panorama keindahan laut dengan air berwarna biru jernih yang dikelilingi hamparan bukit hijau sepanjang pantai.

    Untuk lokasinya sendiri, pantai ini masih satu kecamatan dengan pantai pulau merah dan jaraknya dari pantai pulau merah juga tidak terlalu jauh. Sedangkan untuk menuju lokasi pantai, anda bisa menggunakan jasa angkutan perahu dari pantai pancer yang terletak di sebelah barat pantai pulau merah.

  3. Teluk ijo
    Teluk ijo
    Destinasi wisata pantai di Banyuwangi berikutnya adalah teluk ijo. Ijo dalam bahasa jawa yang artinya warna hijau, merujuk pada kondisi pantai ini sendiri dimana pantai ini berupa teluk yang dikelilingi dengan perbukitan hijau dengan warna air laut yang berwana kehijau-hijauan yang berbeda dengan kebanyakan teluk atau laut yang airnya berwarna biru.  Warna hijau yang terpantul kepermukaan air tersebut bersumber dari tumbuhan alga yang terdapat di dasar lautnya.Teluk ijo terletak di desa Sarongan kecamatan pesanggaran dimana wilayahnya termasuk kedalam kawasan Taman Nasional Meru Betiri. Untuk menuju ke pantai ini, kita harus melewati medan yang berbatu dan curam sepanjang perjalanan. Memang tidak mudah, tetapi saat sampai di sana, kita akan di suguhkan dengan pemandangan pasir putih yang menawan. Perpaduan antara pasir putih, air laut yang jernih kehijauan dan suasana asri akan membuat setiap pengunjung yang datang akan merasa kagum.
  4. Plengkung (G-Land)
    Pantai g-land
    Pantai plengkung masuk dalam kawasan Taman Nasional Alas Purwo Kecamatan Tegaldlimo. Pantai ini berpasir putih dan dikelilingi oleh hutan tropis yang masih murni, alami hijau, subur serta terpencil karena lokasinya yang memang berada di kawasan taman nasional. Pantai ini dikenal dengan ombaknya yang di akui dunia sebagai ombak terbaik kedua setelah hawai. Hal inilah yang membuat pantai ini sering didatangi oleh peselancara baik lokal maupun luar negeri yang ingin mencoba sensasi berselancar (surfing) di pantai ini.Nama Plengkung sendiri diberikan kepada pantai ini karena memang bentuk pantainya yang melengkung dan jika dilihat dari citra satelit, bentuk lengkungan dari pantai ini menyerupai huruf G terbalik, sehingga ada pula yang menyebutnya sebagai pantai G-Land.Posisi dan letak pantainya inilah yang kemudian membuat ombak yang ada pantai ini bisa mencapai tinggi 8m, yang akhirnya disukai oleh banyak peselancar.

    Selain bisa menikmati eksotisme pantai ini, sepanjang perjalanan menuju ke pantai, kita bisa menikmati panorama hutan tropis dengan segala habitatnya yang hidup bebas didalamnya. Oleh sebab itulah, pantai Plengkung dapat menjadi destinasi tujuan wisata pantai di Banyuwangi yang harus anda kunjungi.

  5. Watu Dodol
    Wisata pantai di Banyuwangi
    Berbeda dari 4 pantai diatas, pantai watu dodol terletak tidak jauh dari pusat kota Banyuwangi. Letaknya berada di jalur penghubung antara Banyuwangi dan Situbondo, membuat objek wisata ini sangat mudah di akses. Pantai ini masuk kedalam wilayah kecamatan Kalipuro dan pada bulan Februari 2018, pantai ini dinobatkan sebagai pantai terbersih versi ASEAN Tourism Standard Awards.Watu dalam bahasa jawa artinya batu, merujuk pada batu dengan diameter 15m dan tinggi 10m yang terletak di tengah jalan yang ada di pantai tersebut yang mana kemudian batu itu disebut watu dodol atau batu yang liat dan keras. Selain itu, dipantai ini juga terdapat patung penari gandrung yang menjadi ikon kota Banyuwangi tidak jauh dari lokasi batu.Ada 1 keunikan di pantai ini, dimana terdapat sebuah sumber mata air tawar di tepi pantainya. Bahkan ketika air laut pasang hingga ke sumber mata air ini, rasa air dari sumber mata air ini tetap terasa tawar dan tidak asin seperti rasa air laut.

    Saat pagi hari, kita juga bisa menikmati panorama sunsire dipantai ini. Bagi yang ingin mengelilingi pantai menggunakan perharu, tersedia pula jasa penyewaan perahu dengan harga yang sangat terjangkau. Dan setelah puas menikmati suasan pantai dan kita merasa lapar, telah tersedia juga lapak makanan dan minuman di sekitar pantai. Maka dari itu, tidak salah jika pantau Watu Dodol menjadi salah satu destinasi wisata pantai di Banyuwangi yang dapat anda kunjungi.

Itu lah 5 wisata pantai di Banyuwangi yang wajib anda kunjungi saat anda berlibur ke Banyuwangi. Segera rencanakan liburan anda ke Banyuwangi bersama keluar, sahabat ataupun rekan kerja anda dan jadikan liburan anda berkesan dan menyenangkan di Banyuwangi.

Leave a Reply