5 Wisata air terjun Banyuwangi yang wajib kamu tau

Kabupaten Banyuwangi memang tidak habis-habisnya menyuguhkan berbagai keindahan alam. Lokasinya yang diapit oleh laut di sebelah timur dan pegunungan di sebelah barat, membuat kabupaten ini memiliki berbagai objek wisata alam. Dan karena lokasinya yang bersebelahan langsung dengan daerah pegunungan, Banyuwangi memiliki banyak sekali destinasi wisata air terjun.

Selain memiliki banyak sekali destinasi wisata pantai, tidak sedikit juga wisata alam berupa air terjun yang ada di Banyuwangi. Daerah kaki gunung Raung yang berada di sebelah barat Banyuwangi, menyimpan berbagai wisata air terjun yang eksotis dan unik. Dan berikut ini adalah 5 air terjun di Banyuwangi yang wajib kamu tau.

5 Wisata air terjun Banyuwangi

  1. Air terjun liderWisata air terjun
    Wisata air terjun ini berlokasi di wilayah kecamatan Songgon, tepatnya di desa Sumberarum Kec. Songgon – Banyuwangi. Memiliki ketinggian mencapai 60m, menjadikan air terjun ini sebagai air terjun tertinggi yang ada di Banyuwangi.Terletak di ketinggian 1600mdpl dan berada di tengah alam pegunungan yang masih alami, menghadirkan udara yang sejuk dan segar serta pemandangan yang akan memanjakan mata setiap pengunjung yang ke sana. Jarak tempuh dari pusat kota Banyuwangi sekitar 45km.

    Bagi yang ingin mengunjungi wisata air terjun ini, bisa menggunakan mobil ataupun motor. Dari pusat kota Banyuwangi, ambil arah selatan menuju Rogojampi yang di lanjutkan ke arah barat menuju kecamatan sempu, tepatnya desa Gendoh. Setelah tiba di desa gendoh, belok ke kanan menuju desa sumbersarum dengan melintasi desa Jambewangi.

    Setelah tiba di desa sumberarum, carilah arah menuju dukuh Lider dan perjalanan akan di lanjutkan sekitar 3km hingga mencapai perkebunan cengkeh yang menandakan kita sudah sampai di pos 1 air terjun lider.

    Setelah sampai di pos 1, perjalanan masih akan di lanjutkan dengan berjalan kaki sejauh 1km menyusuri sungai hingga sampai ke lokasi air terjun lider.

  2. Air terjun telunjuk raung
    Lokasinya tidak jauh dari air terjul lider. Masih masuk kedalam wilayah kecamatan songgon, air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 15m. Nuansa alam yang masih alami, berpadu dengan suara gemuruh air sungai yang mengalir deras, menambah eksotismenya.Air yang mengalir di aliran sungai di tempat ini sangat segar dan jernih. Karena kejernihannya, warna air telihat berwarna hijau karena lumut yang berada di dasar sungai.

    Untuk rute menuju ait terjun telunjuk raung ini tidak jauh beda dengan rute menuju lider. Hanya saja ketika sampai di desa Sumberarum lurus saja sampai memasuki perkebunan tebu. Jika sudah sampai di perkebunan tebu, berarti jarak air terjun sudah tidak jauh lagi.

    Sesampainya di lokasi parkiran, kita juga akan menjumpai beberapa rumah pohon yang di buat oleh pengelola yang notabene nya adalah warga setempat. Di situ kita bisa berfoto-foto bersama maupun ber swa foto karena memang lokasinya yang sangat instagramable.

    Pemberian nama telunjuk raung pada air terjun ini sendiri karena memang bentuknya yang seperti jari telunjuk dan lokasinya berada di bawah gunung raung. Untuk tiket masuk, kita hanya di kenakan biaya parkir kendaraan sebesar 5000.

  3. Air terjun jagir
    Wisata Air terjun jagir memiliki ketinggian kurang lebih sekitar 10m dengan kolam air yang tepat berada di bawahnya. Lokasinya pun tidak terlalu jauh dari pusat kota Banyuwangi, masuk kedalam wilayah kecamatan Glagah, kampung anyar.Di sini kita bisa berendam di kolam yang tepat berada di bawah aliran air terjun yang sangat segar. Kondisi alam yang sangat asri, membuat udara yang ada di lokasi ini menjadi sangat sejuk.

    Untuk menuju wisata air terjun jagir pun tidak terlalu sulit. Dari kawasan simpang lima kota Banyuwangi, ambil arah barat menuju daerah cungking yang diteruskan lurus saja searah dengan rute menuju wisata kawah ijen.

    Rute yang akan dilewati nanti antara lain kawasan desa adat osing Kemiren yang di lanjutkan melewati kawasan taman suruh. Setelah kawasan taman suruh kita akan masuk wilayah desa kampung anyar dan tinggal mengikuti petunjuk yang sudah disediakan di tepi jalan untuk menuju lokasi wisata air terjun jagir.

    Untuk tiket masuknya terbilang cukup murah. Kita hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar 5000 untuk 1 orang dan kita bisa menikmati keindahan air terjun jagir ini.

  4. Air terjun pertemon
    Nama dari wisata air terjun ini di ambil dari pertemuan (pertemon) 2 aliran sungai yang ada di bawah air terjun. Lokasi air terjunnya sendiri sangat tersembunyi. Akses menuju lokasi air terjun dari tempat parkir kendaraanpun hanya bisa di lalui dengan cara berjalan kaki menyusuri persawahan dan aliran sungai.Wisata air terjun pertemon ini berada di desa Bayu kecamatan songgon. Dari pusat kota Banyuwangi, ambil arah selatan menuju Rogojampi, tepatnya pertigaan kantor POS. dari situ ambil arah ke barat menuju kecamatan Songgon. Setelah masuk kawasan kecamatan Songgon, kita bisa mengikuti plang petunjuk arah yang terpasang di tepi jalan.

    Ada 1 keunikan dari air wisata air terjun pertemon ini, yaitu di atas air terjun terdapat sebuah batu yang tersangkut di antara tebing yang membentuk alira air terjun. Warga sekitar menyebutnya dengan nama Watu Gantung atau jika di artikan berarti Batu Tergantung.

    Tidak ada tiket masuk yang di kenakan di wisata air terjun ini, kita hanya mengeluarkan biaya untuk parkir kendaraan sebesar 2000 untuk motor dan 5000 untuk mobil.

  5. Air terjun temcorWisata air terjun Banyuwangi
    Lokasinya tidak jauh dari wisata air terjun pertemon. Memiliki kurang lebih 5 aliran air terjun dengan ketinggian sekitar 10 meter dengan kolam yang cukup luas yang berada di bawahnya. Kolam ini sendiri merupakan kolam buatan yang di bangun oleh warga setempat dengan cara membendung aliran air dengan menggunakan tumpukan bebatuan sungai.Di wisata air terjun ini pengunjung bisa bermain air bahkan berendam dengan air yang sejuk dan suasana alam yang masih alami. Akses menuju air terjun pun tidak begitu sulit. Kita hanya perlu menyusuri jalan setapak yang tidak terlalu jauh dari lokasi parkir kendaraan. Di lokasi ini pun di sediakan penyewaan ban bagi pengunjung yang ingin berenang di situ.

Itu lah 5 wisata air terjun Banyuwangi yang wajib kamu tau. Sebenarnya masih banyak sekali lokasi-lokasi wisata air terjun yang ada di Banyuwangi karena memang kondisi geografisnya yang berhadapan langsung dengan pegunungan.

Namun perlu juga di perhatikan. Karena memang kebanyakan lokasi wisata air terjun ini berada di kawasan perbukitan, maka sebaiknya hindari berkunjung ketika musim hujan tiba. Namun jika memang jadwal liburan yang sudah di rencanakan bertepatan dengan musim hujan, anda harus benar-benar tau bagaimana liburan aman dan nyaman ketika musim hujan. Karena kita semua tentunya tidak ingin bukan cara liburan yang sudah di rencanakan terjadi hal-hal yang tidak di harapkan.

Leave a Reply