5 Makanan Khas Banyuwangi yang Menggoda Lidah

Indonesia memiliki berbagai ragam kuliner daerah yang menggoda selera.  Salah satunya adalah Banyuwangi, kabupaten paling timur di pulau jawa yang saat ini sedang diminati oleh banyak para wisatawan baik lokal maupun internasional ini memiliki berbagai makanan khas Banyuwangi yang tentunya akan menggoda selera makan.

Sebagai pecinta kuliner, tentunya kita akan merasa senang jika dapat mencicipi kuliner baru. Tidak harus kuliner bertaraf internasional, Indonesia pun kaya akan kuliner daerah yang tentunya akan memanjakan lidah.

Selain memiliki banyak lokasi wisata pantai, Banyuwangi juga memiliki wisata kuliner khas yang tentunya kaya akan rasa yang dapat menggugah selera makan. Dan berikut ini adalah daftar 5 makanan khas Banyuwangi yang akan menggoda lidah.

DAFTAR 5 MAKANAN KHAS BANYUWANGI

  1. Sego tempong
    Makanan khas banyuwangiBagi anda pecinta kuliner pedas, pasti akan langsung suka dengan makanan khas Banyuwangi yang satu ini. Makanan asli Banyuwangi ini terdiri dari nasi putih panas yang dilengkapi dengan sayu-sayuran yang telah di rebus ditambah sambal mentah dan juga tempe, tahu, dadar jagung, dan ikan asin.  Selain itu, kita juga bisa memilih memilih lauk tambahan seperti pepes ikan laut, ikan laut goreng, ayam goreng, dendeng, telur dadar, atau lainnya.Rasa segar dan pedasnya sambal dikarenakan sambal diolah pada saat akan di sajikan guna menjaga citarasanya yang akan membuat kita ingin nambah lagi dan lagi.Nama sego tempong itu sendiri di ambil rasa pedasnya. Tempong dalam bahasa daerah Banyuwangi artinya adalah tampar (tempeleng).  Jadi ibaratnya, rasa pedas dari sambel sego tempong ini mulut terasa seperti  ditampar (ditempeleng) ketika menyantap kuliner ini.

    Karena pedasany kuliner ini, oleh sebab itu sego tempong sangat cocok jika disantap ketika malam hari. Tetapi tidak sedikit juga warung yang menyediakan menu sego tempong pada siang hari.Jika anda sedang berada di Banyuwangi, tidak perlu bingung jika ingin mencoba sego tempong ini. Karena di Banyuwangi, sudah banyak kedai yang menayjikan sego tempong ini. Beberapa di antaranya yang terkenal di Banyuwangi adalah kedai sego tempong mbok Nah dan kedai sego tempong mbok Wah.Untuk masalah harga, 1 porsi sego tempong biasanya berkisar antara 7.000 sampai 15.000 tergantung dari lauk yang di minta.

  2. Sego cawuk
    Makanan khas Banyuwangi lainnya adalah sego cawuk. Kuliner ini sangat pas sekali disantap di pagi hari sebagai menu sarapan. Oleh sebab itu, beberapa kedai sego cawok hanya buka pagi antara 07.00 sampai 11.00Terdiri dari nasi putih yang di campur dengan parutan kelapa atau biasa di sebut dengan gecok dan pipilan jagung segar yang dibakar dengan rasa pedas.Bagi yang suka, bisa juga di tambah dengan kuah ikan pindang untuk menambah rasa gurih serta sambal serai dicampu dengan daun kemangi yang sudah di kukus.Sedangkan untuk pilihan lauknya, sego cawok ini bisa menggunakan telor pindang ataupun pepes ikan laut. Untuk 1 porsi sego cawok, biasanya di banderol antara 7.500 sampai 15.000 per porsinya.
  3. Pecel pitik
    Makanan khas BanyuwangiBanyuwangi memang kaya akan berbagai kuliner yang masih kental akan unsur lokal yang kaya akan cita rasa, dan salah satunya adalah pecel pitik. Makanan khas Banyuwangi yang satu ini dulu hanya hanya disajikan ketika ritual yang dilakukan oleh suku osing yang notabenenya adalah suku asli Banyuwangi. Selain itu, kuliner ini juga biasanya di sajikan hanya ketika ada hajatan seperti tertentu seperti selamatan kampung.Namun kini seiring berkembangnya jaman dan berkembangnya pariwisata di Banyuwangi, tidak sulit bagi kita untuk menemukan kuliner ini. Tidak sedikit kedai ataupun restoran yang kini berlomba-lomba menyediakan pecel pitik di daftar menunya.Kuliner ini berbahan dasar ayam kampung yang dagingnya di suwir-suwir yang di lumuri menggunakan parutan kelapa dengan bumbu kemiri, terasi, cabai rawit, garam, gula dan daun jeruk.

    Nama pecel pitik sendiri bukan didasari karena bahan dasarnya berasa dari pitik (ayam), tapi mengandung filosofi yang berbunyi diucel-ucel perkoro hang apik yang bila di artikan kedalam bahasa Indonesia adalah dilumuri atau ditaburi dengan berbagai hal yang baik.Harga yang dibandrol untuk 1 porsi pecel pitik ini berkisar antara 20.000 sampai 25.000.

  4. Rujak sotoMelihat namanya, mungkin dalam bayangan kita bahwa rujak yang di maksud adalah rujak yang berbahan buah-buah segar yang di beri sambal gula kemudian di campur dengan soto. Tapi sebenarnya rujak yang dimaksud adalah berupa sayu-sayuran hijau yang di rebus, dicampur dengan irisan lontong dan potongan tahu dan tempe yang di lumuri dengan saos kacang.Rujak itulah yang kemudian akan disiram dengan kuah soto yang kemudian menjadi rujak soto salah satu makanan khas Banyuwangi yang memberikan cita rasa pedasnya rujak dan segarnya kuah soto. Soto yang digunakan pun bisa menggunakan soto babat, soto daging sapi, soto ayam atau bahkan soto ceker (kaki ayam).

    Bagi yang ingin mencoba kuliner ini tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam, karena kisaran harga untuk 1 porsi rujak sotok adalah 10.000 – 20.000 tergantung jenis soto yang digunakan.

  5. Pindang koyong
    Karena lokasinya yang berada paling timur dari pulau jawa, hal ini membuat Banyuwangi menjadi salah satu kabupaten yang memiliki garis pantai yang panjang. Hal ini pula yang menjadikan Banyuwangi menjadi kabupaten dengan hasil laut yang melimpah. Terbukti dengan adanya pelabuhan Muncar sebagai salah satu tempat pelelangan ikan terbesar di Indonesia.Pindang koyong adalah salah satu makanan khas Banyuwangi yang berbahan ikan laut. Sekilas, penampilannya mirip seperti soto berbahan ikan. Sedangkan ikan yang digunakan untuk kuliner ini adalah jenis ikan tongkol atau tengiri.

    Untuk bumbu yang digunakan adalah bumbu yang biasanya lazim untuk memasak masakan jawa seperti merica, gula pasir, belimbing wuluh (digunakan dengan tujuan menghilangkan bau amis ikan dan menambah rasa segar pada makanan), bawang merah. Bawang putih, cabai rawit, serai, lengkuas, jahe, merica, kunyit, dan kemiri.Saat yang tepat untuk menikmati kuliner ini adalah di siang hari saat udara terasa panas karena dengan begitu, sensasi segar yang di hasilkan dari belimbing wuluh akan semakin terasa. Biasanya, saat menyantab kuliner ini di campur dengan nasi putih.

    Dan dengan harga tujuh ribu rupiah, anda sudah bisa menikmati hidangan lezat dan segar serta penuh dengan gizi dari ikan laut ini.

Bagaimana, Apakah ulasan tentang 5 makanan khas Banyuwangi ini meningkatkan selera makan anda dan ingin mencoba mencicipinya? Segera rencanakan liburan anda ke Banyuwangi dan silahkan mencoba berbagai kuliner khas banyuwangi yang telah disediakan dengan cita rasa nusantara yang pastinya akan menggoyang lidah penikmatnya yang akan membuat adan ingin nambah lagi dan lagi.

No Responses to “5 Makanan Khas Banyuwangi yang Menggoda Lidah”

Leave a Reply